SYAARAR.COM
  Home  |  Refleksi  |  Kombur  |  Religous  |  Free Code  |  Download  |
Kiswa Baru Telah Disiapkan
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 19 November 2009, 04:29:4
Dibaca : 3528

Kiswa (kain penutup Ka'bah) yang baru telah diserahkan kepada para wali dalam satu upacara khusus pada hari Rabu malam.

MAKKAH: Kiswa (kain penutup Ka'bah) yang baru telah diserahkan kepada para wali dalam satu upacara khusus pada hari Rabu malam. 

Ketua Presidensi Urusan Dua Masjid Suci Syekh Saleh bin Abdul Rahman Al-Hussain menyerahkan kiswah kepada Syekh Abdul Aziz bin Abdullah Al-Shaibi di pabrik kiswa di Makkah. 

Sebuah tas kecil terbuat dari beludru hijau dengan ukiran emas dan perak yang berisi kunci Ka'bah, juga diberikan kepada Syeikh Abdul Aziz. 

Al-Shaibis telah melakukan penggantian dan pembersihan Ka'bah sejak Nabi Muhammad (saw). "Oh, anak-anak Thalhah, mengambil kunci Ka'bah dan menyimpannya untuk selamanya," katanya saat itu. Oleh karena itu setiap anggota keluarga, berwenang untuk membuka pintu Ka'bah. 

Syekh Abdul Aziz mengatakan bahwa kebiasaan untuk menerima kiswa pada hari pertama Dul Hijjah, maka Rumah Allah akan siap pada hari kesembilan dari bulan yang sama, hari jemaah haji berkumpul di Arafah. Ini adalah untuk memastikan Ka'bah akan tampak baik dihari berikutnya, yaitu Idul Adha. 

Dia mengatakan sehari sebelumnya (8 Dul Hijjah), ketika para peziarah turun di Mina, kain lama dilepas untuk diganti dengan kain baru. 

Syekh Abdul Aziz mengatakan, upacara ini biasanya dimulai ketika ia dan Al-Husain menandatangani berita acara. Kemudian diikuti dengan sejarah dan makna kiswa bagi umat Islam.

Pabrik kiswa yang dibangun di Makkah sekitar 74 tahun yang lalu oleh Raja Abdul Aziz dan sejak saat itu kain tersebut telah dilakukan penggantian setiap tahun oleh petugas. 

Gaun hitam dibuat dengan 670 kg sutra murni, 150 kg emas dan perak yang digunakan untuk mengukir ayat-ayat Alquran di atas kain. Kain ini memupnyai luas 658 meter persegi dan terdiri dari 47 keping, masing-masing 14 meter panjang dan lebar 95 cm. Harganya sekitar SR16.8 juta ($ 4,5 juta). 

Syekh Abdul Aziz mengatakan ujung kain ditarik ke atas sekitar tiga meter di atas tanah sehingga tidak mengganggu peziarah. 

Dia menjelaskan Ka'bah dicuci dua kali setahun selama bulan Sya'ban (bulan sebelum Ramadhan) dan Dul Hijjah. 

Ka'bah dicuci dengan air Zamzam dan wangi.


Post related
  • Fasilitas Jumroh Teknologi Tinggi Beroperasi
  • Naik Haji Setelah Baca Buku Bahan Renungan Kalbu
  • Ka'bah Dibersihkan
  • Yang Tercecer 62 (Sejak Kapankah Gelar Haji Ada?)
  • Name Tag Tas / Luggage Tag
    Tags
    Kiswa Baru Telah Disiapkankiswahajimakkahkabak
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     

    ┬ęSYAARAR.Com. All rights reserved.