Category : Religious > Dunia Islam
Author ; Syamsul Arham
Date : 01 Desember 2009, 06:05:57
Hits : 4089

Hari pertama kepulangan jemaah haji Indonesia diawali dengan pemberangkatan 5.760 jemaah terdiri atas 14 kelompok terbang (Kloter) yang dijadwalkan terbang dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Rabu.

Jeddah (ANTARA News) - Hari pertama kepulangan jemaah haji Indonesia diawali dengan pemberangkatan 5.760 jemaah terdiri atas 14 kelompok terbang (Kloter) yang dijadwalkan terbang dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Rabu.

Jemaah tersebut masing-masing tiga kloter diterbangkan ke bandara debarkasi Jakarta (1.350), Surabaya (1.355) dan Solo (1.140), serta masing-masing satu kloter ke Medan (455), Balikpapan (325), Banjarmasin (325), Ujungpandang (360), dan Batam (450).

Wartawan ANTARA News H.Nanang Sunarto melaporkan dari Jeddah, Senin, sebelum berangkat ke tanah air, para jemaah haji itu, dari Mekkah akan menginap di tujuh penginapan transit di Jeddah yakni Hotel Araq, Hotel Rumasiah, Hotel Tayyar, Hotel Sama, Hotel Madinah, Hotel Norcom dan Hotel Rotana.

Selama di Jeddah para jemaah akan melakukan ziarah ke makam Siti Hawa, Mesjid Qisas, Mesjid Terapung di Laut Merah dan pusat perbelanjaan terbesar di Jeddah, Pasar Qorniche.

Kepada jemaah diingatkan untuk tidak membawa barang berlebihan, juga dilarang membawa air zamzam, karena sudah dijatah dan akan diberikan di Bandara kedatangan di Indonesia. 

Sementara itu, sampai hari ini tercatat 130 jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia selama menunaikan ibadah di tanah suci.

Penyakit jantung (cardiac arrest) merupakan penyebab utama kematian, disusul penyakit pernafasan (respiratory failure) dan pendarahan otak (stroke hemorrhage).(*)
Post related
  • 10 Juta Makanan Gratis Untuk Jamaah Haji
  • Mina, Kota Tenda Putih
  • Jamaah Haji Arab Saudi Turun 70%
  • Kiswa Baru Telah Disiapkan
  • Social Media