Category : Hitech > Hitech
Author ; Syamsul Arham
Date : 20 Desember 2012, 09:40:27
Hits : 1325

Para pelaku (Phishers) berusaha memancing untuk memperoleh (mencuri) data-data pribadi orang lain (sebagai korbannya) melalui media e-mail atau situs-situs internet tertentu sebagai umpannya. Data-data pribadi ini akan disalahgunakan oleh pelaku tanpa anda ketahui.

Apakah Phishing e-mail itu?

"Phishing" berasal dari kata "fishing" yang berarti memancing. Para pelaku (Phishers) berusaha memancing untuk memperoleh (mencuri) data-data pribadi orang lain (sebagai korbannya) melalui media e-mail atau situs-situs internet tertentu sebagai umpannya. Data-data pribadi ini akan disalahgunakan oleh pelaku tanpa anda ketahui.

 

Data-data pribadi anda yang biasanya berusaha untuk dicuri adalah data rekening bank, kartu kredit atau kartu debit dan sebagainya

 

Kenali Phishing e-mail!

  1. Dikirim ke banyak orang sekaligus, dimana nama Anda tidak akan tercantum secara spesifik.
  2. Biasanya, e-mail tersebut akan meminta anda untuk memperbaharui informasi pribadi anda atau memberikan peringatan kepada anda seperti; rekening anda ditutup karena alsan tertentu

 

Hindari Phishing e-mail!

  1. Waspadalah jika menerima e-mail yang meminta informasi pribadi anda seperti nomor rekening/nomor kartu kredit/nomor kartu debit/PIN/password dan sebagainya.
  1. Sebaiknya tidak melakukan transaksi online di tempat yang menyediakan layanan internet untuk public seperti warnet, wi-fi gratis atau pc kantor yang dipakai bersama-sama.
  1. Jika menerima e-.amil untuk mengunjungi situs internet "bank tertentu" dan meminta anda untuk memasukkan informasi pribadi anda seperti nomor rekening/nomor kartu kredit/nomor kartu debit/PIN/password dan sebagainya pada situs tersebut, pastikan bahwa situs tersebut adalah resmi dan aman.
  2. Jangan meng-klik images atau URL link yang terdapat dalam suatu e-mail yang mencurigakan karena dengan meng-clik image atau URL tersebut kemungkinan anda akan masuk jebakan para pelaku phishing.

 

Post related
  • Rejeki Tidak Terbatas
  • Social Media