SYAARAR.COM
  Home  |  Refleksi  |  Kombur  |  Religous  |  Free Code  |  Download  |
Jumlah "Ateis" terbanyak ketiga setelah Kristen dan Muslim
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 20 Desember 2012, 15:58:2
Dibaca : 2233

Ateis merupakan kelompok orang yang tanpa agama yang ketiga terbesar setelah Kristen dan Islam, kemudian disusul Hindu dan Budha.

Ateis merupakan kelompok orang yang tanpa agama yang ketiga terbesar setelah Kristen dan Islam, kemudian disusul Hindu dan Budha.

 

Data ini berdasarkan laporan Pew Forum on Religion and Public Life dengan judul "The Global Religious Landscape” yang diterbitkan pada Selasa, 18 Desember 2012, sebagaimana yang dilaporkan oleh Reuters.

 

Kristen merupakan agama terbesar dengan 2,2 miliar penganut atau 31,5 persen dari populasi dunia. Dimana 50 persen adalah Kristen Katolik atau sekitar 1,1 miliar dan sisanya; Protestan - termasuk Anglikan dan non-denominasi gereja  37 persen dan Ortodoks 12 persen.

 

Islam dengan jumlah penganut 1,6 miliar atau 23 persen dari populasi dunia. "Mayoritas (87-90 persen) adalah Sunni, sekitar 10-13 persen adalah Muslim Syiah," kata studi tersebut.

 

Di antara 1,1 miliar orang  ateis, lebih dari 700 juta, atau 62 persen dari mereka, tinggal di Cina, di mana mereka membentuk 52,2 persen dari penduduk Cina, kemudian disusul oleh Jepang 72 juta, atau 57 persen dari populasi nasional. Setelah itu Amerika Serikat, 51 juta orang - 16,4 persen dari orang Amerika.

 

Hindu dengan populasi terkonsentrasi di India, Nepal dan Bangladesh. Setengah orang Buddha hidup di Cina, diikuti oleh Thailand 13,2 persen dari populasi Buddha dan Jepang dengan 9,4 persen.

 

Studi ini menemukan bahwa sekitar 405 juta orang, atau sekitar 6 persen dari populasi dunia menganut kepercayaan seperti di Afrika dan Cina atau di antara masyarakat asli aborigin Amerika dan Australia.

 

Lain 58 juta, atau hampir 1 persen dari populasi dunia, milik "agama-agama lain", termasuk Baha'i, Taoisme, Jainisme, Shinto, Sikh, Tenrikyo, Wicca, dan Zoroastrianisme. Sebagian besar berada di kawasan Asia-Pasifik.

 

Penelitian mengatakan bahwa 97 persen dari dunia Hindu, 87 persen Kristen dan 73 persen dari Muslim yang tinggal di negara-negara di mana mereka adalah mayoritas.

 

Kristen membentuk mayoritas di 157 negara dan Muslim di 49, termasuk 19 dari 20 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, dengan pengecualian Israel.

 

Yahudi, yang memiliki 14 juta pengikut atau 0,2 persen dari populasi dunia dimana Israel dengan

populasi 41,1 persen dari populasi dunia.

 

Secara keseluruhan, 84 persen dari penduduk dunia, yang diperkirakan 6,9 miliar, mengaku beragama.

 

Islam Paling Berkembang

 

Menurut riset Pew, Islam merupakan agama yang berkembang pesat dengan populasi usia rata-rata 23 tahun, coba bandingkan dengan usia rata-rata di dunia adalah 28. Usia rata-rata menjadi acuan perkembangan populasi.

Muslim akan tumbuh sebagai bagian dari populasi dunia dan merupakan bagian penting dari itu adalah usia muda.

 

Usia rata-rata orang Kristenan adalah 30 dan yang Hindu 26. Dengan usia rata-rata 34, prospek pertumbuhan Ateis akan lambat.

 

Yahudi dengan usia rata-rata tertinggi pada 36, ​​yang berarti prospek pertumbuhannya akan lambat.

 

Sumber : Reuters.



Tags
Jumlah "Ateis" terbanyak ketiga setelah Kristen dan Muslimpenduduk dunia
Social Media

Posting komentar Anda :
Name :
Email :
Website :
Comment :
Validation word :


 

©SYAARAR.Com. All rights reserved.