SYAARAR.COM

Kado Ramadhan
Ditulis oleh : Admin
Tanggal : 02 Agustus 2013, 23:44:1
Dibaca : 20

TVM : Kado RamadhanWalaupun mereka miskin, mereka diajarkan nilai-nilai kebaikan dan agama yang kuat.  Mereka bahkan tidak mau begitu saja menerima sumbangan atau bantuan dengan cuma-cuma, walaupun keluarga Bilqis sangat membutuhkannya

BILQIS adalah seorang gadis manis yang taat pada orangtua dan pada ALLAH SWT. BILQIS mengabdikan dirinya dengan mengajar membaca dan mengaji anak2 pemulung yang tinggal dekat rumahnya. Ayahnya adalah seorang TUKANG MINYAK keliling yang kehidupan ekonominya sangat tidak mencukupi untuk membiayai keluarganya yang terdiri dari isterinya, BILQIS dan 2 adiknya yaitu AZIZAH dan AKMAL.

DERIL adalah seorang pemuda yang berasal dari keluarga kaya. Kedua orangtuanya selalu sibuk mengejar duniawi hingga melupakan TUHAN. Walhasil DERIL dan adik satu-satunya DENA (15 th) merasa sangat terabaikan dan kurang kasih sayang orangtua. Akibatnya, sebagai rasa protesnya DERIL tak mau sekolah dan tak mau bekerja walaupun ia pemegang salah satu perusahaan PAPA nya.

Menjelang Ramadhan, Bilqis harus banting tulang mengambil alih pekerjaan ayahnya sebagai penjual minyak tanah, dan mengambil pekerjaan lain, karena ayahnya harus istirahat di rumah untuk pemulihan kakinya yang keseleo akibat tertabrak motor Deril. Bilqis dan keluarganya tidak menuntut apa-apa dari Deril. Tetapi Deril yang merasa sangat bersalah memaksa ingin membantu Bilqis dan keluarganya. Deril pun akhirnya mengikuti Bilqis bekerja, sambil berusaha membujuk Bilqis agar ia diijinkan membantu.

Deril menjadi semakin sering menemui Bilqis dan keluarganya. Ia merasakan ketentraman ketika melihat keluarga Bilqis. Walaupun mereka miskin, mereka diajarkan nilai-nilai kebaikan dan agama yang kuat.  Mereka bahkan tidak mau begitu saja menerima sumbangan atau bantuan dari Deril dengan cuma-cuma, walaupun Deril tahu kalau keluarga Bilqis sangat membutuhkannya. Berbanding terbalik dengan keluarga Deril yang lebih menempatkan materi di atas segalanya. Deril jarang merasakan kasih sayang dan bimbingan agama dari kedua orang tuanya.

Deril pun mulai mendalami agama, dibimbing Bilqis. Deril pun memberanikan diri meminta orang taunya untuk berkenalan dengan calon istrinya, Bilqis. Papa dan mama Deril terkejut. Mereka pun penasaran ingin bertemu dengan calon dari anaknya.

Bilqis kaget ketika Deril mengajaknya ke rumah untuk berkenalan dengan orang tua Deril. Bilqis sadar akan kondisi keluarganya yang jauh berbeda dengan keluarga Deril. Bilqis bimbang.

Bagaimanakah reaksi keluarga Deril, dapatkah mereka menerima Bilqis?

Akankah kehadiran Deril justru menjadi kado Ramadhan yang indah bagi Bilqis ?

 

Tulisan di atas adalah merupakan sinopsis drama Kado Ramadhan yang disiarkan oleh stasiun TV RCTI pada Rabu 31 Juli 2013, Pukul 21.00 WIB. Bagaimana sebuah keluarga miskin yang karena miskinnya, untuk makan sehari-hari saja sudah tidak ada lagi. Tapi dengan kemiskinan itu mereka mempunyai prinsip-prinsip nilai kehormatan yang harus dijaga, sehingga dengan prinsip tersebut mereka tidak tergiur dengan harta yang bukan hak mereka, walaupun sudah diberikan dengan cuma-cuma.

Kehormatan yang dimasa sekarang ini sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang penting, dimana setiap orang mengejar harta dan materi dengan berbagai cara, mulai dengan menerima pemberian, meminta, mengemis, mencuri termasuk yang menjadi penyakit dalam masyarakat atau mungkin lebih tepatnya pejabat kita sekarang ini; korupsi.

Bukankah suatu pemberian itu akan menjadikan kita sebagai "budak" dari sipemberi? Dengan "jasa" itu, kita sudah tidak bisa mensejajarkan diri lagi dengan sipemberi, kita akan menjadi subordinat dari sipemberi atau lebih tepatnya "budak" dari sipemberi.

Maka alangkah indahnya jika setiap pribadi adalah pribadi yang mempunyai kehormatan dan bisa mensejajarkan dirinya dengan orang laion tanpa satu penghalangpun sehingga menjadikan satu pihak lebih superior dari yang lain.

 

Bagi yang belum menonton, bisa melihatnya di sini.

 

BSD, 2 Agustus 2013 23:38:13



Dump Kesehatan dan Kecantikkan
Tags
SincerityKado Ramadhan
Social Media

Posting komentar Anda :
Name :
Email :
Website :
Comment :
Validation word :


 


Mutiara Tauhid
Kaca Mata Tauhid
Hit’s Today
Content-Image
Dibaca : 1261
Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

Content-Image
Dibaca : 344
Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

Content-Image
Dibaca : 42
Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...