SYAARAR.COM

Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir 1 : Mukaddimah
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 26 Juni 2014, 23:19:3
Dibaca : 7686

Tafsir Al-'Usir Al-Akhir

Siapa saja berilmu namun tidak mengamalkannya, maka ia telah menyerupai orang-orang Jahudi. Sebab mereka itu berilmu, namun tidak mau mengamalkannya.

 

Segala puji bagi Allah, Shalawat dan salam, semoga tercurahkan kepada junjungan  nabi dan kekasih kita, Rasulullah saw. Amma ba'du.

Wahai saudaraku muslimin dan muslimah!, semoga Allah swt. merahmati Anda. Ketahuilah, bahwa  kita wajib mempelajari empat hal:

Pertama : Ilmu; Yaitu mengenal Allah swt., mengenal Nabi-Nya dan mengenal Agama Islam, karena tidak boleh beribadah kepada Allah swt. tanpa dasar ilmu. Siapa saja melakukan hal demikian, maka akan terjerumus ke dalam kesesatan, dan telah menyerupai orang-orang Nasrani dalam perbuatannya. Ini.

Kedua : Amal; Siapa saja berilmu namun tidak mengamalkannya, maka ia telah menyerupai orang-orang Jahudi. Sebab mereka itu berilmu, namun tidak mau mengamalkannya. Di anatara tipu muslihat setan, ia memperdaya manusia agar tidak senang terhadap ilmu, dengan anggapan bahwa ia akan dimaafkan di hadapan Allah swt. karena kebodohannya! Ia tidak tahu, bahwa siapa yang memiliki kesempatan untuk belajar namun ia tidak melakukannya, maka telah tegaklah baginya hujjah terhadap dirinya. Inilah dalil yang dikemukakan oleh kaum Nuh, agar hujjah tidak tegak terhadap mereka:

 

جَعَلُوا أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِمْ وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ

 

Mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya)

(QS Nuh 71:7)

 

Ketiga : Dakwah; Karena para ulama dan da'i adalah pewaris para nabi. Allah swt. telah  melaknat Bani Israil, karena:

 

كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ ۚ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ

 

Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.

(QS Al-Maaidah 5:79)

 

Sedangkan dakwah dan ta'li, (pengajaran) merupakan fardhu kifayah, jika ada sejumlah orang yang mengerjakannya, maka yang lain tidak berdosa, namun jika semua orang mengbaikannya maka berdosalah mereka.

Keempat : Sabar atas perbuatan baik dalam menuntut ilmu, mengamalkan, dan mendakwahkannya.

Dalam rangka ikut serta memberantas kebodohan dan memberikan kemudahan untuk menuntut ilmu wajib, dalam buku ringkasan ini telah kami rangkumkan pengetahuan minimal yang memadai dari berbagai macam ilmu pengetahuan syariah dan tiga juz terakhir Al-Qur'an beserta tafsirnya, karena seringkali hal tersebut diulang-ulang dan sesuatu yang tidak dapat dicapai semuanya, hendaklah tidak ditinggalkan semuanya.

Dalam hal itu semua, kami berusaha untuk menyampaikan secara ringkas dan berdasarkan tuntunan yang shahih dari Nabi saw. Kami tidak mengaku telah mencapai kesempurnaan, karena kesempurnaan itu adalah milik Allah swt. semata, namun inilah usaha kami yang tidak seberapa. Jika benar, maka itu hanyalah milik Allah swt. Namun jika salah, maka itu dari diri kami dan setan. Allah swt. dan Rasul-Nya, terlepas dari semua itu. Semoga Allah swt. merahmati orang yang menunjukkan kepada kami kekurangan-kekurangan kami dengan kritik yang bertujuan baik dan membangun.

Kami memohon kepada Allah swt. semoga  setiap orang yang memberikan andil dalam penulisan, penrbitan dan pembagian buku ini dikarunai balasan yang sebaik-baiknya, diterima amal kebaikan mereka dan dilipatgandakan pahala mereka.

Hanya Allah swt. - lah Yang Maha Mengetahui. Semoga Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad saw. beserta dan para sahabatnya.

 

Buku ini mendapat tazkiyah dari sejumlah ulama dan penuntut ilmu di Dunia Islam.

 

Catatan Admin:

Kami akan menerbitkan serial Tafsir Al-Qur'an yang kami salin dari buku: "Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir, Dari Al-Qur'an Al-Karim, Juz (28,29,30)". Semoag bisa mengambil manfaat.

 



Post related
  • Menyamakan Allah Dengan Makhluk
  • Muallaf : Cat Stevens , Mantan Bintang Pop (2-Habis)
  • Muallaf : Cat Stevens , Mantan Bintang Pop (1)
  • Kontent Al-Qur'an Today Ver.2
  • Tags
    ReligiousAl-Qur'anTafsirTafsir Al-'Usyr
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Kaca Mata Tauhid
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2105
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2105
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 485
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 303
    Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

    Content-Image
    Dibaca : 168
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 20
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...