SYAARAR.COM

Menitipkan Orang Tua ke Panti Jompo
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 10 April 2015, 11:04:0
Dibaca : 44245

Grand Mother

Di manakah nurani seorang anak yang tega bahkan karena alasan sibuk, menitipkan orang tua mereka di panti jompo?

Pertanyaan tersebut sangat menyakitkan bagi para orang-tua jaman sekarang ini. Merupakan sesuatu yang lumrah bagi seorang anak untuk menitipkan orang-tua di panti jompo dengan berbagai alasan. Padahal dalam surat Al-Israa' (17) ayat 23 disebutkan kewajiban anak untuk merawat orang-tua dimasa tuanya:

 

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Dalam surat Al-'Ankabuut (29) ayat 8 disebutkan perintah untuk berbuat baik kepada ibu-bapak:

 

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۚ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. 

Juga dalam surat Luqman (31) ayat 14 untuk memerintahkan merawat ibu-bapak:

 

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Bahkan dalam surat Al-Baqarah (2) ayat 215 disebutkan tentang memberikan nafkah kepada ibu-bapak:

 

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

Memang sangat orinis, para oranh-tua jaman sekarang ini mengabiskan masa tuanya di panti jompo, padahal dia yang telah mengandung kita dengan kondisi yang lemah bertambah-tambah, melahirkan  kita dengan pertaruhan nyawa, menyusui dan membesarkan dan menjadikan kita sebagai orang yang berhasil dan terpandang.

Tentu suatu kebahagiaan yang tiada tara, jika pada orang-tua pada masa tuanya hidup bersama anak-anak yang telah dilahirkan dan dibesarkannya. Tidak ada rasa syukur yang bisa dibalas kecuali kebahagiaan orang-tua dapat hidup bersama anak-anaknya sampai ajal menjelang.

Pada sidang Komite Fikih Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang ke-12 yang berlangsung di Riyad, Arab Saudi pada 2000, telah menegaskan kewajiban anak untuk merawat orang-tua hingga akhir hayatnya. Ini merupakan wujud pengabdian dan terimakasih terhadap jasa mereka yang tidak ternilai.

Menurut Organisasi yang berdiri di Rabat, Maroko pada 1969 ini, tempat yang paling pantas untuk merawat orang-tua di usia senja mereka adalah keluarga. Keberadaan orang-tua di keluarga akan memberikan rasa nyaman dan aman. Dengan demikian mereka akan turut pula merasakan kebahagiaan yang dialami keluarga besarnya.

Bagi kita yang masih memiliki orang-tua, marilah kita merawat mereka sebagaimana mereka merawat kita sewaktu kecil hingga dewasa, karena kita nantinya juga akan menjadi tua sebagaimana kondisi mereka sekarang ini.

 

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri". Al-Ahkaaf (46) ayat 15.



Post related
  • Surat Ibnu Taimiyah dengan Ibunya
  • Berhati-hatilah Terhadap Usaha Mendeskreditkan Ummat Islam
  • 6 Wanita yang Tak Boleh Dijadikan Istri
  • Saya Berharap Orang Amerika Menerima Pesan Islam
  • Tags
    HikmahOrang-tuaPanti Jompo
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2111
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2111
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 488
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 18
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 9
    Di dalam pedoman MUI, ada sepuluh paling tidak suatu paham yang dinyatakan sesat, sebagaimana ...

    Content-Image
    Dibaca : 5
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...