SYAARAR.COM

Muallaf : Terinspirasi Film Prancis, Hamza Tempuh 7.000 Kilometer ke Mekkah
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 13 Mei 2015, 10:56:2
Dibaca : 34350

Hamzah

Suara adzan mengantar seorang warga Prancis keturunan, Alexander mengikuti suara kebenaran yang dicarinya semenjak enam tahun lalu. Puncak kecintaannya pada Allah SWT pun diwujudkan dengan berumrah bersama sang istri dengan mengendarai mobil medio Oktober 2014 lalu.

Jarak sepanjang 7.000 kilometer menuju kota Mekkah yang ditempuh Hamza, nama Alexander setelah memeluk Islam, dinilainya sebagai sebuah proses pencarian makna ibadah.

“Suara adzan pertama waktu itu menginspirasiku untuk mencari sebuah nilai kebenaran. Begitu pula perjalanan umrah ini yang memberikan perasaan berbeda yang menjalar di seluruh tubuhku dan membuatku terhenyak,” ujar Hamza pada Arab News.

Ia pun menceritakan alasannya untuk menempuh jalur darat saat berumrah. Selain ingin merasakan perjuangan menuju Baitullah, ia terinspirasi sebuah film besutan Prancis, Le Grand Voyage  yang berkisah tentang seorang ayah dan anaknya yang ingin menunaikan ibadah haji via jalan darat.

Rute yang harus dilalui Hamza pun sama seperti alur kisah film tersebut. Diawali dari Prancis, lalu menuju selatan melintasi Maroko, Mauritania, dan Burkina Faso. Barulah Hamza mengurus visa di Kedubes Saudi Arabia di Niger.

Namun, Hamza dan sang istri tak menyangka, proses pengurusan visa btuh waktu beberapa bulan. Akhirnya, setengah putus asa, ia memutuskan pulang terlebih dahulu ke Prancis.

Tak disangka-sangka, jika Allah SWT berkehendak, Hamza ditelepon staf Kedubes Saudi Arabia bahwa ia dan sang istri menjadi tamu Raja Saudi Abdullah di antara 1.000 orang lainnya untuk berhaji. 

“Segala kesulitan dan masalah di dunia yang kami rasakan serasa lenyap saat kami sudah berada di depan Baitullah. Saya hanya bisa menangis di depan Ka’bah sambil bersyukur pada-Nya dan Raja Abdullah atas kesempatan langka ini,” ungkap Hamza dengan bahagia.

Cerita inspiratif  Hamzah ini juga dilakoni oleh para backpacker Muslim asal Bosnia. Mereka menempuh jarak 5.700 kilometer dua tahun lalu untuk berhaji.

 

Republika.



Post related
  • Fiqih Haji 7 : Pengantar Fiqih Haji, Haji Anak Kecil
  • Muallaf : Saya Dididik Untuk Membenci Islam
  • Shalatnya Para Muslim Membuat Saya Terpesona
  • Fiqih Haji 6 : Pengantar Fiqih Haji, Haji Wanita
  • Tags
    MuallafHaji
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Akupun Tau
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2111
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2111
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 488
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 1029
    Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

    Content-Image
    Dibaca : 408
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 63
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...