SYAARAR.COM

Empat Kelompok Islam Yang Dipelihara Musuh Islam
Ditulis oleh : Admin
Tanggal : 16 Mei 2015, 19:06:4
Dibaca : 43696

Khalifah

Perkembangan ummat Islam yang demikian pesat, menjadikan kalangan non-Islam mulai khawatir akan keberadaan Islam, mereka khawatir akan dominasi Islam terhadap ummat manusia, terutama kalangan Barat yang selama beberapa abad telah mendominasi peradaban manusia. Untuk mempertahankan dominasi ini, maka dibuatkanlah agenda untuk mengecilkan dominasi ummat Islam atas peradaban manusia sekarang ini.

Salah satu cara untuk mengecilkan dominasi ummat Islam adalah dengan menjadikan ummat Islam terbagi dalam beberapa kelompok dimana masing-masing kelompok mendominasi kelompok lainnya sehingga sulit untuk bersatu.

Mereka membuat defenisi dan paramater terhadap kelompok-kelompok Islam yang berbeda dan mereka memberikan juga memberikan stigma atas kelompok-kelompok tersebut.

Empat kelompok yang sudah terlihat sekarang ini adalah :

  1. Fundamentalis

Fundamentalis berasala dari kata fundamental adalah sebuah kebenaran umum atau dasar realitas. Fundamental banyak dipakai untuk merujuk kepada satu analisis untuk mencapai suatu kebenaran atau pengakuan atas pernyataan dan analisa, seperti; fundamental ekonomi, fundamental agama, fundamental pembangunan bangsa dsb.

Fundamentalisme, merupakan suatu paham (isme) yang ingin mencapai kebenaran yang sesuai dengan paham atau ajaran yang sesungguhnya.

Fundamentalis Islam adalah orang-orang yang ingin kembali kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Mereka adalah orang-orang yang ingin menegakkan dan menghidupkan Al-Qur'an dan Sunnah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah pada zamannya. Mereka yang ingin kembali kepada generasi awal Islam yang tidak mengenal bid'ah. Mereka ingin memurnikan ajaran Islam yang sekarang ini sudah banyak mengalami penyimpangan dari ajaran yang sesungguhnya.

Para fundamentalis mulai muncul dalam beberapa dekade ini, dimana para fundamentalis telah memberikan pemahaman kepada ummat Islam tentang Islam yang sesunguhnya dan ini memberikan rasa khawatir kepada musuh-musuh Islam, karena paham fundamentalis ini dikhawatirkan akan menyatukan ummat Islam yang ini tidaklah disukai oleh mereka yang membenci Islam.

Maka untuk merusak citra kelompok ini, maka makna fundamentalis mulai digeser menjadi negatif setelah tragedit 11 September 2001, dimana fundamentalis melekat kepada Islam yang tidak toleran atau Islam yang selalu menyebarkan terror. Padahal Islam tidaklah mengenal paham fundamentalisme. Islam hanya mengenal Islam yang sesuai Aql-Qur'an dan Sunnah.

  1. Tradisional

Mereka yang juga mengkalim berdasarkan kepada Al-Qur'an dan Sunnah, tapi juga mengklaim sebagai pengukit Wahabi, Hanafi, Hambali, Maliki, Syafe'i dan sebagainya.

Sekalipun empat imam yang kita kenal dan kita akui saat ini; Hambali, Syafe'i, Maliki dan Hanafi merupakan imam yang telah memberikan rujukan yang luar biasa bagi ummat  Islam sekarang ini, tapi kelompok tradisional ini menganggap bahwa kelompok merekalah yang paling benar; kelompok Hanafi yang paling benar, kelompok Syafe'i yang benar, kelompok Maliki yang sesuai sunnah, kelompok Hambali yang sesuai dengan kita dan sebagainya.

Untuk skala lokal, kelompok ini mengkalim sebagai ummat NU, Muhammadiyah, Persis dan sebagainya, sehingga orang yang tidak satu kelompok dengan mereka dianggap beda paham dan bukan kesatuan ummat Islam.

Kelompok tradisional sangat kental di Indonesia, dimana penyebaran Islam di Nusantara tidaklah lepas cara meng-absorb budaya-budaya lokal dalam beribadah agar Islam lebih mudah diterima. Kelompok tradisional lebih melihat kelompoknya daripada kelompok lain dan untuk beberapa kelompok yang ekstrim menganggap kelompok lain sebagai kelompok diluar Islam atau bahkan mengkafirkan kelompok lain yang tidak sesuai dengan kelompoknya.

  1. Modernis

Modernis adalah kelompok yang ingin melakukan pembaruan terhadap ajaran Islam, termasuk melakukan tafsir ulang terhadap Al-Qur'an dan Hadist, juga melakukan tafsiran baru terhadap Islam.

Kelompok ini menganggap semua agama adalah sama, sama-sama menuju kebaikan, sama-sama berasal dari tuhan yang sama. Sehingga kelompok ini melakukan terobosan-terobosan untuk menggandeng agama-agama lain untuk mencari persamaan dan membuang perbedaan, sehingga akan menciptakan pemahaman baru, akan menciptakan agama baru sebagai agama perdamaian.

Mereka meng-idamkan semua agama bergandengan tangan, berjalan bersama dengan tidak ada perbedaan terutama menyangkut aqidah dan ibadah.

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang menganggap mereka sebagai intelektual, terpelajar, terhormat dan mereka ini orang-orang yang telah mengalami erosi akidah, orang-orang yang selama ini lebih dekat kepada musuh-musuh Islam dari pada ummat Islam sendiri dan mereka menganggap Islam sebagai agama yang ketinggalan zaman dan tidak toleran, sehingga perlu dilakukan pembaruan mengikuti perkembangan zaman.

Kelompok meodernis lebih dikenal dengan sebutan pluralisme dan liberalisme.

  1. Sekularis

Sekuler adalah kelompok yang memisahkan urusan dunia dari agama, agama hanya digunakan untuk mengatur hubungan pribadi dengan Tuhan, sedangkan hubungan sesama manusia diatur hanya dengan berdasarkan kesepakatan sosial.

Paham sekural sangat kental dengan dunia barat yang mencoba membuang urusan agama dari kehidupan sehari-hari. Agama hanya bersifat pribadi yang tidak perlu dicampuri dengan urusan agama orang lain. Setiap orang punya hak untuk mengurusi agamanya masing-masing tanpa dicampuri oleh pihak lain.

Kelompok ini selalu mengkritisi orang-orang yang menjalankan agamanya didalam kehidupan dan bermasyarakat. Mereka tidak ingin orang meng-aktualisasikan agamanya dimuka umum, mereka tidak ingin urusan agama masuk dalam tatanan bernegara dan bermasyarakat. Agama adalah urusan masing-masing orang, tidak ada urusan dengan orang lain apalagi dengan dirinya sendiri, sekalipun itu se-agama dengan dirinya.

Untuk melanggengkan dominasi barat terhadap Islam, tidak hanya dengan mengelompokkan ummat Islam dalam empat kelompok sebagaimana disebutkan di atas, tapi juga mengadakan perpecahan dan permusuhan diantara kelompok-kelompok yang ada, karena mereka berkeyakinan jika ummat Islam bersatu, maka dominasi barat akan runtuh dan digantikan oleh dominasi Islam.

Karena itu, agenda yang sangat jelas terlihat sekarang ini bagaimana ummat Islam selalu bertikai satu sama lain. Dalam skala global bagaimana ummat Islam di Timur Tengah yang selalu bertikai satu sama lain, tidak bukan adalah untuk melanggengkan dominasi barat terhadap Islam.

Musuh-musuh Islam akan selalu memastikan bahwa Islam terdiri dari berbagai kelompok dan golongan dimana setiap golongan akan mendominasi golongan yang lain, sehingga persatuan ummat Islam sulit dan mustahil untuk tercapai.

Maka untuk menjadikan Islam sebagai dominasi baru dalam perdaban manusia adalah dengan menyatukan semua kelompok yang ada untuk kembali kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Kita harus menyingkirkan semua perbedaan yang ada dengan kembali kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Kebangkitan Islam tidak akan pernah tercapai jika kelompok-kelompok Islam masih tetap ada dan saling bertikai.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (Surah Annisaa 4: 59)

 

 



Post related
  • Daftar Situs Islam Indonesia
  • Islam Menjadi Agama Dengan Pertumbuhan Tercepat di Dekade Mendatang
  • Dr.Zakir Naik Menerima Penghargaan King Faisal International Prize
  • Penambahan Ruang Untuk 625.000 Jamaah di Makkah
  • Multipan / Panci Serbaguna
    Tags
    Dunia IslamMazhabKhalifah
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2114
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2114
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 490
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 1010
    Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

    Content-Image
    Dibaca : 343
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 57
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...