SYAARAR.COM

Hikmah : Lima Hal Yang Perlu Disegerakan
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 18 November 2016, 13:57:1
Dibaca : 703

Sunset

Kutbah Jum'at hari ini, 18 November 2016 di Nugra Santana:

 

Dalam beribadah, kita dianjurkan untuk melakukannya dengan khusuk dan tidak tergesa-gesa, karena perbuatan yang tergesa-gesa adalah perbuatan setan.

 

Tapi dalam ibadah ada 5 hal yang harus dilakukan segera tidak boleh ditunda, karena bila tidak disegerakan maka akan menjadi dosa bagi kita.

 

  1. Memuliakan tamu

Bila kita kedatangan tamu, maka yang pertama harus kita lakukan adalah menyediakan tamu kita suguhan minuman atau makanan, karena bisa jadi tamu kita datang dari jauh dan dia belum sempat makan dalam perjalanan atau tamu dekat atau tetangga.

 

Kita harus menawarkan dia mau minum apa atau dia mau makan sebelum tamu kita mengutarakan maksud kedatangannya. Setelah dia disuguhi minum atau makan, barulah kita menanyakan maksud dan tujuan kedatangannya.

 

  1. Mengurus jenazah

Kematian merupakan sesuatu hal yang selalu ada dalam keseharian kita, baik itu mati karena kecelakaan, sakit, atau memang sudah ajalnya. Kita sebagai ummat muslim mempunyai kewajiban untuk menyegerakan penguburan jenazah. Kewajiban ini merupakan fardhu-kifayah dimana pengurusan jenazah merupakan kewajiban setiap orang terutama orang yang ada disekitar jenazah. Akan tetapi kewajiban ini akan gugur bila sudah ada orang yang mengurus penguburannya, apakah itu oleh keluarganya maupun tetanbgga atau orang lain.

 

Mengurus jenazah bukan hanya untuk jenazah kaum muslimin, tetapi juga jenazah yang non-muslim, tentu dengan tata cara yang sudah ditentukan dalam pengurusannya.

 

  1. Menikahkan anak perempuan

Bagi mereka yang mempunyai anak perempuan tentu mempunyai kebanggan dan juga kewaspadaan terhadap masa depan anak gadisnya terutama dari perbuatan dosa dan fitnah. Seorang anak gadis yang sudah cukup umur tentu menjadi kewajiban orang-tuanya untuk mencarikan jodoh dan menyegerakan perkawinan bagi anak perempuan apalagi jika ada laki-laki yang ingin meminangnya.

 

Kita sebagai orang-tua tidak berhak untuk menahan keinginan anak untuk menunda perkawinan dengan berbagai alasan; belum cukup umur, masih sekolah, masih mencari kerja dan lain sebagainya.

 

Segerakanlah mengawinkan anak perempuan apalagi sudah ada yang meminangnya.

 

  1. Membayar hutang

Setiap orang, apalagi dijaman sekarang ini, hutang sudah menjadi hal yang umum. Orang berhutang karena untuk mencukupi kebutuhannya atau berhutang karena punya kartu kredit atau berhutang untuk membiayai bisnis.

 

Membayar hutang adalah satu kewajiban yang harus disegerakan bila sudah mampu untuk membayarnya. Janganlah menunda pembayaran hutang bila kita sudah punya kelapangan untuk membayarnya, karena bisa jadi orang yang memberi hutang lagi punya kebutuhan atau bisa jadi ajal kita sudah menjemput padahal hutang belum terlunasi.

 

  1. Bertobat

Tentu kita sebagai manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa yang kita perbuat setiap harinya, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Sudah sepantasnya kita bertobat akan dosa-dosa yang kita perbuat.

 

Bertobat tidak harus menunggu hari tua dulu, atau cari waktu yang tepat dulu, tapi bertobat bisa dilakukan segera bila kita sudah menyadari perbuatan dosa yang kita lakukan atau kita bertobat kepada Allah swt. atas dosa-dosa yang kita tidak sadari.

 

Janganlah kita tergesa-gesa dalam beribadah akan tetapi janganlah menunda enam hal yang disebutkan di atas.

 

Jakarta, 18 November 2016



Post related
  • Janganlah Terbawa Emosi Dalam Berdebat
  • Hikmah : Ahli Mufassir
  • Hikmah : Ramadan, Hadiah Yang Berharga Bagi Umat Islam
  • Hikmah : Marhaban Ya Ramadhan
  • Tags
    HikmahHutangjenazahNikahBertamuTobat
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Mutiara Tauhid Bandung
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2111
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2111
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 488
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 18
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 9
    Di dalam pedoman MUI, ada sepuluh paling tidak suatu paham yang dinyatakan sesat, sebagaimana ...

    Content-Image
    Dibaca : 5
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...