SYAARAR.COM

Business Proccess Management di Era Digital
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 08 Agustus 2017, 18:46:2
Dibaca : 265

Business Proccess Management

Dunia bisnis tidak lepas dari yang namanya proses. Dari jaman dahulu sampai sekarang proses adalah penting.

Sekarang ini untuk bisa mengikuti persaingan bisnis yang keras maka proses menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Kalau perusahaan tidak mempunyai proses yang baik, maka perusahaan itu tidak akan bisa berjalan dengan baik dan bahkan akan bangkrut.

Sekarang ini proses menjadi tolok ukur dalam mencapai keberhasilan dan bahkan menjadi syarat untuk bisa diterima oleh pelanggan maupun vendor. Maka untuk mencapai penerimaan itu dibuatkanlah desain proses atau yang lebih dikenal dengan Business Proccess. Busniess Proccess akan berubah sesuai dengan perubahan jaman.

Banyak perusahaan yang tidak siap dalam menghadapi perubahan jaman sehingga dia tidak siap untuk melakukan perubahan dalam Bisiness Procces-nya. Apalagi jaman sekarang ini, perubahan dunia bisnis sudah semakin cepat, tidak lagi bisa diprediksi dan tidak bisa dikendalikan.

Maka sekarang ini suatu konsep Business Proccess Management (BPM) yang menjadi acuan perkembangan suatu perusahaan juga harus terus menyesuaikan diri dengan keadaan. Berapa banyak perusahaan-perusahaan besar yang kolap karena BPM tidak bisa menyusaikan diri atau berapa banyak perusahaan besar yang sudah mempunyai BPM yang bagus tapi kembalikan ke pada proces lama karena tidak bisa menyesuiakan diri dengan BPM yang telah dibuat.

Dalam era digital sekarang ini, BPM juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan perangkat dan sarana termasuk habitat manusia juga berubah. Maka BPM juga mengalami tranformasi yang tadinya masih terfokus kepada internal, maka sekarang sudah masuk kepada konsep globalisasi dimana BPM juga harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia digital, perubahan nilai baru, yang tadinya offline sekarang sudah on-line, yang tadinya masih regional, sekarang sudah global.

Kalau dulu BPM masih berkutak kepada proses, sekarang ini BPM sudah harus berdasarkan faktual data. Data merupakan satu parameter yang menentukan keberhasilan BPM. BPM harus memanfaatkan data untuk tujuan analisis, termasuk eksplorasi data tidak terstruktur dan non-proses (konteks). Ini harus memungkinkan organisasi menangani proses bisnis yang tidak dapat diprediksi, terfragmentasi, pengetahuan-intensif, dan lintas-organisasi. Dengan pengambilan data secara digital, BPM harus terus menekankan perspektif masyarakat untuk memastikan optimalisasi bagi karyawan dan pelanggan di masa depan.

Analis data yang dipakai banyak ragam, diantaranya:

Keselarasan Strategi
Keselarasan strategis mengacu pada penyelarasan prioritas dan proses organisasi secara terus-menerus, harus sangat fokus pada proposisi nilai, proses bisnis dan BPM. Memastikan bahwa manfaat yang terkait dengan proses bisnis dan BPM diwujudkan sesuai dengan harapan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

Pemerintahan
Di era digital, BPM dan tata kelola proses harus sangat kontekstual. Di satu sisi, ini berarti bahwa metode dan alat BPM harus dipilih dan disesuaikan sesuai dengan konteks organisasi. Di sisi lain, organisasi harus dapat mengelola beberapa jenis dan konteks proses secara simultan melalui konsep pembuatan keputusan, kepatuhan, keamanan, manajemen perubahan, dan kinerja yang tepat.

Metode/Teknologi Informasi
Metode yang didukung TI sangat dibutuhkan di semua fase siklus hidup BPM. Proses eksekusi harus mendukung perancangan ulang yang dinamis serta penanganan proses dan proses yang muncul dimana tidak ada model proses yang tersedia. Perbaikan proses harus mendukung mode aktraktif dan transformasional. Otomatisasi proses harus menangani tugas yang tidak terstruktur dan memungkinkan interaksi antar manusia dengan mesin untuk memanfaatkan peluang teknologi digital.

Manusia
Orang adalah individu dan kelompok yang terus meningkatkan dan menerapkan keahlian dan pengetahuan terkait proses mereka. Untuk berkembang di era digital, karyawan harus terbiasa dengan analisis data, privasi data, dan teknik keamanan data. Ini juga berlaku untuk teknik inovasi, teknik analisis serta pengetahuan tentang ekonomi digital dan model bisnis digital.

Budaya
Budaya terdiri dari nilai-nilai kolektif dan kepercayaan yang membentuk sikap dan perilaku terkait proses. Di era digital, nilai dan kepercayaan proses baru dibutuhkan. Sejalan dengan akses terhadap data tak terbatas dan pengambilan teknik analisis data, BPM mewajibkan komitmen untuk meletakkan keputusan penting mengenai data dan bukan perasaan manajer. BPM di era digital juga membutuhkan komitmen untuk terus meneliti proses bisnis yang ada, bahkan lama, dan belajar dari kegagalan dengan cara yang cepat dan berulang. Di era digital, BPM harus secara aktif melibatkan karyawan dalam keputusan proses, memperhitungkan dampak dari keputusan ini terhadap kehidupan kerja karyawan, menanggapi umpan balik pelanggan secara serius, dan memberi pegawai kedaulatan untuk membuat keputusan mandiri jika mereka menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Maka dari itu, perubahan dan kemampuan untuk melakukan perubahan merupakan satu hal yang sangat penting dalam perkembangan jaman. Bagi mereka yang tidak bisa melakukan perubahan maka siap-siap untuk diterjang dan digilas oleh perusahaan lain.

Jakarta, 8 Agustus 2017 18:48:58





Post related
  • Tung Desem Waringin; Bantuan Langsung Tebar
  • Business Idea 20060208
  • Tags
    Business IdeaBusinessBusiness Proccess ManagementBPM
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Risalah Mutiara Tauhid
    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 1261
    Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

    Content-Image
    Dibaca : 347
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 43
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...