SYAARAR.COM
  Home  |  Refleksi  |  Kombur  |  Religous  |  Free Code  |  Download  |
Al-Qur'an Today 2 : Allah Maha Kuasa Dan Maha Adil
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 27 Oktober 2017, 18:53:4
Dibaca : 158142

Al-Qur'an Today

@AlQuranToday

 

إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۖ وَلَا يَرْضَىٰ لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ ۖ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۗ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ مَرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ ۚ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

 

7. Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu.

 

الزمر
AZ-ZUMAR
Surat : 39
Ayat : 7
Juz : 23

 

Uraian

Allah subhana wa ta'ala adalah Yang Maha Kuasa, Kuasa atas segala sesuatu yang ada di muka Bumi dan alam jagat raya. Bahkan Dia juga ber-Kuasa di akhirat nanti.

Maka sudah selayaknya dengan Kekuasaan-Nya, Dia mempunyai kuasa atas makhluk-Nya termasuk manusia. Semua manusia tergantung kepada-Nya. Tidak ada satupun yang tidak lepas dari kekuasaan-Nya. Dengan kekuasaan-Nya itulah maka Dia tidak butuh terhadap makhluk-Nya. Tapi makhluk-Nya-lah yang membutuhkan Dia.

Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, akan tetapi Dia lebih menyukai hamba-Nya yang beriman kepada-Nya daripada yang kafir. Dia lebih ridha kepada manusia yang telah mangabdikan dirinya hanya kepada Allah subhana wa ta'ala Sang Maha Pencipta dan Maha Menentukan.

Maka sudah selayaknya juga mereka yang beriman dan selalu bersyukur kepada Allah subhana wa ta'al akan mendapatkan balasan yang dengan keridhaan-Nya dan menjadikannya sebagai makhluk yang mulia.

Sesungguhnya Allah subhana wa ta'ala adalah Yang Maha Adil. Alam jagat raya ini beserta isinya tidak lepas dari Penglihatan-Nya. Dia memberikan balasan yang setimpal terhadap makhluknya tanpa satupun yang dianiaya. Mustahil bagi-Nya melakukan kesalahan dalam memberikan balasan. Siapa yang berbuat maka dia yang akan mendapatkan balasannya. Tidak ada dosa yang dilimpahkan kepada orang lain, seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Setiap makhluk bertanggung-jawab atas segala perbuatannya, karena Allah subhana wa ta'ala adalah Yang Maha Adil dan Maha Bijaksana.

Semua amal ibadah kita di dunia, baik itu amal yang baik atau yang buruk, semua tercatat. Tidak ada satupun kejadian yang terlewatkan, semua tercata dengan rinci dan detail sampai dengan hal-hal yang kecil sekalipun. Semua catatan itu akan diperlihatkan kepada kita pada waktunya, pada saat kita kembali kepada Allah subhana wa ta'ala.

Dia adalah Yang Maha Mengetahui, Maha Tahu akan segala sesuatu termasuk yang ada dalam dada kita, yang ada dalam hati kita. Semua itu akan dipertanggung-jawabkan kehadapan Allah subhana wa ta'ala.

Wallahu A'lam Bishawab

Jakarta, 27 Oktober 2017 18.28

 

Website  : alqurantoday.com
Telegram : t.me/alqurantoday
Facebook : fb.me/AlQuranToday
Twitter  : twitter.com/AlQuranToday
Whatsapp : chat.whatsapp.com/BbDlupc85wqDWaYt219u1B

 



Post related
  • Al-Hadist Today 1 : Denfinisi Riba Dalam Islam
  • Al-Qur'an Today 1 : Janganlah Bertanya Hal Yang Tidak Ada Manfaatnya
  • Quote : Dunia Modern Tak Bertuan
  • Quote : Makna Tertawa
  • Tags
    Al-Qur'an TodayAllahMaha AdilMaha KuasaMaha MengetahuiKafirImanDosa
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     

    ©SYAARAR.Com. All rights reserved.