SYAARAR.COM

Al-Hadist Today 2 : Kejujuran Akan Menghantarkan Diri Ke Surga
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 29 Oktober 2017, 08:50:4
Dibaca : 39

Sumpah

@AlHadistToday

Dalam sebuah riwayat dikatakan:

 

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

 

(BUKHARI – 5629) : Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Abu Wa`il dari Abdullah radliallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu wa'alaihi wassalam, beliau bersabda: “Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga, sesungguhnya jika seseorang yang senantiasa berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu akan mengantarkan pada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu akan menggiring ke neraka. Dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berdusta sehingga akan dicatat baginya sebagai seorang pendusta.”

 

Uraian.

Kejujuran adalah sesuatu hal yang fitrah dalam diri manusia. Sudah banyak kata-kata nasehat dari orang-tua kita dahulu bahkan dari orang-orang bijak bahwa jadilah sebagai orang yang jujur, jadilah sebagai orang yang bisa dipercaya, engkau akan berhasil jika engkau bersikap jujur.

Kejujuran merupakan sikap yang melekat pada diri seseorang. Seorang yang jujur akan diberi predikat sebagai orang yang jujur dan orang jujur akan dipandang sebagai orang yang baik dan orang baik adalah mereka yang bisa dipercaya.

Kejujuran itu akan dicatat bukan hanya oleh para malaikat, tetapi juga oleh orang-orang yang mengenal dirinya. Mereka akan memberikan label dan stigma kepada setiap orang yang mereka kenal sebagai orang yang jujur dan bisa dipercaya. Orang-orang inilah yang bisa mereka berikan kepercayaan dalam urusan mereka.

Mereka yang dianggap jujur akan diberi predikat sebagai orang baik dan dengan kebaikan yang mereka berikan tentu akan mendapatkan balasan dari Allah Subhana wata'ala. Tidak ada balasan yang lebih baik daripada surga, surga yang setiap orang mengharapkannya.  Maka beruntunglah mereka yang kehidupan mereka dikenal sebagai orang jujur dan orang baik.

Demikian sebaliknya, mereka yang dikenal sebagai pendusta, maka mereka akan diberi label sebagai pendusta, seorang pendusta yang tidak bisa diberi amanah karena mereka akan memberikan mudharat bagi banyak orang.

Seorang pendusta adalah mereka juga telah melakukan kejahatan dimana dengan kejahatan mereka telah merugikan banyak orang, telah menganiaya banyak orang. Bagi mereka tidak ada balasan yang lebih pantas selain neraka.

Jadilah sebagai orang yang bisa dipercaya karena dengan kepercayaan yang diberikan kepada kita akan menjadikan kita sebagai orang baik.

Wallahu A'lam Bishawab

BSD, 28 Oktober 2017 20.25

 

Tulisan terkait dengan kepercayaan bisa dilihat disini: Sincerity

 

Whatsapp : https://chat.whatsapp.com/EIXKfB20nrJ2hjT2ckn7Nd



Post related
  • Al-Hadist Today 1 : Denfinisi Riba Dalam Islam
  • Dosa Menyebarkan Aib Seseorang
  • Quote : Hakikat Sabar
  • Note : Surga Bukan Milikmu
  • Tags
    Al-Hadist TodayHadistJujurDustaSurgaSincerity
    Social Media

    Posting komentar Anda :
    Name :
    Email :
    Website :
    Comment :
    Validation word :


     


    Mutiara Tauhid
    Akupun Tau
    Comments
    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 2105
    Judul lagunya Pujilah Allah. Linknya ada di https://www.youtube.com/watch?v=1W7vpDBBEAk

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Yusuf
    Dibaca : 2105
    Itu kutipan lagu dari sakha judulnya apa? Sy suka lagu itu krna dl.srg dngr d radio. Tp skrg gk pernah dngr lagi. Nyari di youtube jg gk ada pdhl ingim pinya lagunya.

    Content-Image
    Dikomentari oleh : Syamsul Arham
    Dibaca : 485
    Catatan tambahan: Pahala yang akan tetap mengalir: 1. Do'a Anak Yang Sholeh 2. Shodaqoh Jariyah 3. Ilmu Yang Bermanfaat #BahanRenunganKalbu


    Hit’s Today
    Content-Image
    Dibaca : 303
    Allah subhana wa ta'ala tidak membutuhkan makhluk-Nya sekalipun itu yang kafir atau yang beriman, ...

    Content-Image
    Dibaca : 155
    Saya mengatakan kepadanya jika berhala itu tidak bisa melindungi dirinya maka apa gunanya mencari ...

    Content-Image
    Dibaca : 20
    Dinamai surat Al-Hasyr (pengusiran) diambil dari perkataan Al-Hasyr yang terdapat pada ayat 2 surat ...