Category : Refleksi > Business Idea
Author ; Syamsul Arham
Date : 10 Agustus 2006, 05:26:00
Hits : 1671

Dalam perdagangan, proses jual beli akan terjadi jika ada penjual dan ada pembeli. Proses jual beli tsb ada empat model: Ada barang, ada pembeli; Ini adalah proses yang normal dalam jual beli dan sangat diharapkan oleh setiap orang. Proses ini sudah berlaku dari jaman purbakala. Contoh kebutuhan pokok. Barang gak ada, pembeli ada; Ini namanya proses percaloan atau broker. Penjual tidak […]


Dalam perdagangan, proses jual beli akan terjadi jika ada penjual dan ada pembeli.

Proses jual beli tsb ada empat model:

Ada barang, ada pembeli;

Ini adalah proses yang normal dalam jual beli dan sangat diharapkan oleh setiap orang. Proses ini sudah berlaku dari jaman purbakala.

Contoh kebutuhan pokok.

Barang gak ada, pembeli ada;

Ini namanya proses percaloan atau broker. Penjual tidak harus menyediakan barangnya dulu atau bisa juga dia menawarkan produk orang lain.

Barang ada, pembeli gak butuh;

Ini yang tidak diinginkan oleh banyak orang, tapi proses ini banyak berlaku di supermarket, atau hipermarket. Orang berjubel-jebul ke hipermarket hanya membeli barang-barang yang mereka tidak butuh. Hal ini terjadi dengan pengemasan produk atau pendisplay-an produk sehingga menarik minat pembeli untuk memilikinya.

Barang gak ada, pembeli gak butuh;
Apa mungkin bisa terjadi.

Dalam era teknologi ini, banyak kebutuhan masyarakat yang tadinya bukan kebutuhan menjadi kebutuhan, terutama dari kebutuhan teknologi. Biasanya ini terjadi untuk produk inovasi seperti Microsoft, Intel, email, HP dsb yang berkaitan dengan IT. Dalam pengembangan perangkat IT di perkantoran akan diperlukan peningkatan kualitas dari sisi teknologi akan produk yang ada.

Biasanya ini akan banyak menyangkut business solusion terhadap berbagai masalah yang timbul.


Wassalam,

Syamsul

http://wsyakinah.blogspot.com/

Social Media