SYAARAR.COM

Kepercayaan Dan Selembar Kaca
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 08 Juli 2007, 15:35:0
Dibaca : 3515

Seorang sahabat saya seminggu yang lalu, harus mendekam dalam penjara. Pasalnya dia melakukan satu kesalahan yang sangat fatal dalam hidupnya, yaitu mencuri.

"Kepercayaan ibaratkan selembar kaca yang dititipan kepada kita untuk dijaga agar tidak tergores atau pecah. Satu goresan apalagi pecah akan merusak kepercayaan itu." Syamsul Arham



Seorang sahabat saya seminggu yang lalu, harus mendekam dalam penjara. Pasalnya dia melakukan satu kesalahan yang sangat fatal dalam hidupnya, yaitu mencuri.

Selama ini dia dikenal orang yang rajin, suka kerja keras, bahkan suka lembur, hanya untuk mendapatkan sesuap nasi bagi kehidupan keluarganya di kampung.

Dia yang dikenal sangat santun dan JUJUR, maka oleh perusahaan, dia diberikan kepercayaan yang hanya diberikan kepada beberapa orang saja. Dalam beberapa tahun kepercayaan diberikan kepadanya, maka selama itu dia dapat memperlihakan prestasinya sebagai orang yang sangat bisa dipercaya.

Beberapa hari yang lalu dia harus mendekam dalam penjara hanya karena melakukan satu kesalahan, yaitu melakukan satu tindakan yang selama ini tidak pernah disangkakan orang akan diperbuatnya, yaitu; mencuri.

Manusia dilahirkan dengan satu sifat kejujuran, dimana ini merupakan modal awal seorang untuk bisa hidup. Seorang yang mempunyai sifat yang jujur, akan memberikan kemudahan baginya untuk bisa hidup, bagaimana dia bisa dihargai oleh orang lain, bagaimana dia bisa dipercaya oleh orang lain.

Dengan kejujuran, kita bisa mencapai kehidupan yang sangat cemerlang dalam keseharian.

Kejujuran juga dapat membahagiakan orang-orang yang kita kasihi. Bagaimana seorang anak balita, dengan kejujuran dan kepolosannya telah memberikan rasa bahagia bagi orang-orang sekitarnya.

Kejujuran juga bisa memberikan ketenangan bagi orang disekitar kita, karena dengan kejujuran yang kita miliki, orang bisa memberikan kepercayaannya kepada kita, dia bisa memberikan sesuatu yang mungkin tidak kita duga, yang kesemua itu akan memberikan nilai lebih untuk kita.

Kujujuran bisa menjadikan kita sebagai orang terhormat, bisa juga menjadi orang pesakitan.

Kejujuran itu tidak bisa diraih haya dalam waktu yang singkat, tapi harus diperjuangkan dalam waktu yang lama, karena satu kesalahan yang kita perbuat akan menghancurkan kepercayaan yang telah kita terima selama ini. Sekali kepercayaan itu rusak maka bisa jadi kepercayaan itu akan hilang selamanya.

Kalau kita lihat quote di atas, maka kepercayaan ibaratkan selembar kaca yang dititipkan kepada kita. Bagaimana kita bisa merawat kaca yang telah dipercayakan kepada kita, kebersihannya harus kita jaga, jangan sampai kotor, tergores apalagi pecah. Karena satu goresan yang kita lakukan akan memberikan goresan yang tidak mungkin untuk dihapus dengan cara apapun.

Bagi orang yag telah memberikan kepercayaan itu, hanya dua pilihan baginya, tetap memberikan kepercayaan itu kepada kita dengan goresan yang kita perbuat atau menariknya kembali dari kita.

Lembaran kaca yang ditarik dikarenakan goresan yang kita perbuat, maka ada dua hal akan dilakukan oleh pemiliknya, disimpan atau dihancurkan.

Setelah dihancurkan, dikemanakan pecahana kaca tersebut?

Pecahan kaca yang telah hancur berkeping-keping, dengan butiran kaca yang halus, dan juga pecahan yang panjang dan tajam, akan dikumpulkan dan dimasukkan kedalam hati untuk disimpan selama hayat dikandung badan.

Maka selama kita hidup, maka selama itu kepercayaan yang telah kita perbuat akan ada dalam hati orang-orang yang telah memberikan kepercayaannya kepada kita. Selama itu kehormatan kita akan ditentukan oleh apa yang telah kita perbuat dengan kepercayaan yang telah kita terima selama ini.

Untuk menjadikan kita sebagai orang terhormat, adalah menjadikan kita sebagai Orang Yang Dipercaya, karena dengan demikian maka kehormatan kita akan diuji sampai kapan kehormatan yang diberikan kepada kita bisa kita pertahankan.

Sekarang apakah Anda merupakan orang yang dipercaya dan mendapatkan Kepercayaan dari orang-orang disektar Anda?

Wassalam,
Syamsul

Note: Ikuti Kontes Juli 2007: Bikin Quote Sendiri yang diselenggarakan oleh Jennie S.Bev.



Name Tag Tas / Luggage Tag
Tags
Kepercayaan Dan Selembar Kaca
Social Media

Posting komentar Anda :
Name :
Email :
Website :
Comment :
Validation word :


 
Dokomentari oleh:

Syamsul Arham[URL] 2007-07-22 14:30:00
@Adhirock,
Kita perlu simpati kepada mereka yang memang butuh pertolongan, tapi banyak dari mereka melakukan itu untuk kesenangan dan perbuatan tidak terpuji lainnya.
Wassalam,
Syamsul

AdhiRock 2007-07-13 14:42:00
Salam kenal Mas dari AdhiRock..
ceritanya sangat mendayu dan menghanyutkan... ada sejuta alasan kenapa orang mencuri.. krn kebutuhan keluarga, sang istri mau melahirkan, sang anak sakit keras dll...

Tapi bagaimanapun alasan itu ada untuk kita bersimpati pada si pencuri.. tindakan mencuri tetap tdk dibenarkan.

At least dia mencuri bukan untuk memperkaya sendiri, tdk mencuri uang rakyat untuk membangun istana megah..

Thanks

Syamsul Arham[URL] 2007-07-09 02:56:00
@anangyb, nama yang harum hanya didapat dari kejujuran kita. Semakin besar kepercayaan yang kita miliki, makin harum nama kita dimata orang.

anangyb 2007-07-09 00:24:00
Ya...
Dengan apalagi kita bakal mengharumkan diri, bila kejujuran sebagai pengharum diri sudah terlanjur kita koyak?



Last Posted
Content-Image
Dibaca : 5
Bila nada membuat kesalahan, hanya tiga hal yang harus anda lakukan: mengakuinya, belajar darinya dan jangan mengulanginya.

  • Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir 14 ...
  • Quote Today : Harta, Kesenangan ...
  • Note : Kesempurnaan Dalam ...
  • Quote Today : Jadikan Tahun 2018 ...
  • Quote Today : Belantara Dunia ...
  • Mutiara Tauhid
    Risalah Mutiara Tauhid
    Hit’s Today
    Dibaca :

    Dibaca :

    Dibaca :