SYAARAR.COM
  Home  |  Refleksi  |  Kombur  |  Religous  |  Free Code  |  Download  |
Nama Saya Siapa?
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 15 Agustus 2007, 04:35:0
Dibaca : 1045

Ternyata nama itu sangatlah penting. Dalam percaturan binsis atau networking, nama merupakan hal yang penting untuk kita kenal dengan baik


Nama Saya Siapa?

Kemarin saya menelepon ke TDW untuk mendaftar untuk ikut workshop Financial Revolution. Dari seberang sana, saya diterima oleh seorang wanita bernama Desty, dengan sapaan khas customer service.

Desty: "Disini Desty, ada yang bisa dibantu?"

Kemudian saya memperkenalkan nama saya dan mengutarakan maksud dan tujuan saya untuk ikut workshop Financial Revolution.

Setelah berbicara cukup lama dengan penjelasan yang lengkap, kemudian diakhir pembicaraan, sang customer service yang akan menutup pembicaraan bertanya:

Desty: "Terima kasih Pak Syamsul, kalau Bapak butuh bantuan kami silakan menghubungi saya Desty. Nama saya siapa Pak Syamsul"

Saya sangat terkaget mendengar pertanyaan ini. Selama ini saya tidak begitu perduli dengan nama customer service yang pernah saya hubungi, karena saya berpikir, untuk apa saya mengenalinya. Untuk pembicaraan berikutnya, kecil kemungkinan saya akan bertemu lagi dengan dia, biasanya saya akan dilayani oleh customer service yang lain. Kebiasaan lainnya, begitu saya meletakkan gagang telepon, maka saya sudah tidak ingat lagi dengan nama customer service yang baru saya hubungi.

Belum rasa kaget saya hilang, sang customer service kembali menanyakan namanya.

Desty: "Nama saya siapa Pak Syamsul?"

Mendapat pertanyaan yang kedua kali, maka saya menjawab:

Syamsul: "Nama Ibu Desy"
Desty: "Nama saya Desty, bukan Desy"
Syamsul: "Oh ya.. Desky"
Desty: "Bukan Desky, tapy Desty"
Syamsul: "Oh maaf.. Desty"

Pada umumnya kita memang tidak pernah peduli dengan lawan bicara kita, apalagi itu "bukan" yang penting buat kita. Selama ini kita hanya terfokus ke tujuan, tapi kita lupa dengan siapa kita berhubungan.

Seminggu yang lalu, seorang rekan saya yang telah mengajukan penawaran kesalah satu customernya dan pada saat customer tersebut merespon penawaran tersebut lewat telepon, dia malah tidak tahu siapa dan dari perusahaan mana orang tersebut.

Apalah arti sebuah nama?

Ternyata nama itu sangatlah penting. Dalam percaturan binsis atau networking, nama merupakan hal yang penting untuk kita kenal dengan baik. Dalam hubungan pertemanan, nama adalah penting untuk menghubungkan kita dengan orang tersebut.

Perkenalkanlah nama kita dengan baik, kalau perlu eja jika nama kita tidak umum, terutama kalau kita berbicara di telepon. Saya selalu mengeja nama saya dengan penekanan huruf "y", karena ada orang dengan nama Samsul, ada juga Syamsul, ada yang namanya Syamsu, ada juga Samsu.

Demikian juga sebaliknya, tanyakan nama rekan baru kita dengan baik, kalau perlu minta di eja, agar kita tidak salah menyebutkannya apalagi menulisnya. Karena kalau kita salah menyebutkan apalagi menuliskan bisa berakibat petaka buat kita. Saya pernah dimaki oleh orang karena salah dalam menuliskan namanya.

Ingatkan lagi nama kita, jika mau berpisah. Untuk pembicaraan telepon tanyakan kembali nama kita, apakah dia sudah mencatat nama kita dengan benar.

Dari sekian banyak customer service yang perah saya hubungi, baru customer service di atas yang bisa saya ingat sampai sekarang tanpa perlu dicatat di buku, bahkan alamat emailnya yang tadi saya sepintas juga dapat saya ingat dengan baik.

Maka perkenalkanlah nama Anda dengan baik, agar orang lain dapat mengenal nama Anda dengan baik dalam memory otaknya.

Wassalam,
Syamsul


USB Flash Disk Password Protection
Tags
Social Media

Posting komentar Anda :
Name :
Email :
Website :
Comment :
Validation word :


 

┬ęSYAARAR.Com. All rights reserved.