Category : Refleksi > Business Idea
Author ; Syamsul Arham
Date : 20 Agustus 2007, 02:11:00
Hits : 1814

Bagaimanakah perasaan Anda jika pada waktu demo atau survey, ternyata produknya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan


Showing Your Products

Apakah Anda pernah membeli produk yang tidak sesuai dengan harapan Anda?

Tentu Anda pernah mengalaminya, apakah itu dikarenakan kwalitas tidak baik, spesifikasi tidak sesuai, quantitynya kurang, cita rasanya tidak sesuai, atau segala sesuatu hal yang menjadi ukuran Anda tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untuk mendapatkan produk yang sesuai, maka diperlukan pengenalan terhadap produk yang Anda butuhkan, apakah itu melalui katalog, brosur, atau dari sarana informasi lainnya.

Terkadang, dari brosur atau katalog, tidak cukup untuk medapatkan informasi yang lengkap tentang produk tersebut, maka diperlukan demo atau survey.

Bagaimanakah perasaan Anda jika pada waktu demo atau survey, ternyata produknya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, atau mungkin yang disurvey bukan produk yang Anda inginkan atau Anda sepakati, tapi produk lain yang memang tidak Anda butuhkan? Padahal Anda sudah meluangkan waktu Anda yang berharga dan menempuh perjalanan jauh.

Itulah yang akan terjadi, kalau customer Anda akan merasa kecewa jika Anda memberikan produk yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Kalau customer Anda sudah kecewa, bagaimana mungkin dia akan membeli produk Anda. Kalau customer Anda merasa ditipu, bagaimana mungkin jalinan kerjasama bisa terwujud.

Dalam memberikan informasi tentang produk yang Anda tawarkan, Anda perlu memberikan informasi yang lengkap tentang produk Anda, dengan tidak menyembunyikan yang tidak diinginkan oleh customer. Bila ternyata pada produk tersebut ada yang tidak sesuai, maka Anda harus bisa memberikan penjelasan yang logis atau Anda memberikan alternatif terhadap produk tersebut.

Jika Anda memberikan demo atau customer melakukan survey, maka tunjukkanlah produk yang sesuai dengan yang Anda tawarkan. Jika produk tersebut tidak tersedia, maka berikanlah produk yang sepadan dengan produk yang Anda tawarkan, dengan memberikan penjelasan yang logis, atau atur kembali jadwal demo atau survey. Jangan Anda memperlihatkan produk yang bukan dia butuhkan, karena ini akan memberikan customer Anda perasaan kecewa.

Janganlah Anda melakukan "pembelaan" terhadap produk Anda jika dianggap tidak sesuai, tapi berilah penjelasan yang bisa diterima oleh customer Anda. Kalau perlu libatkan rekan Anda yang lebih mengerti tentang produk tersebut.

Fokuslah terhadap apa yang diinginkan oleh Customer, bukan terhadap kelebihan produk Anda. Karena dengan demikian Anda akan mengetahui apa yang customer Anda inginkan.

Janganlah membandingkan produk Anda dengan produk lain tanpa data yang bisa diterima, apalagi merendahkan produk lain, tapi perbandingkanlah dengan memberikan data yang akurat, sehingga customer Anda bisa melihat perbedaannya secara jelas dan logis.

Apakah Anda sudah memperlihatkan produk Anda sesuai dengan yang sebenarnya?

Wassalam,
Syamsul
http://www.wsyakinah.com/
http://wsyakinah.blogspot.com/
Post related
  • Bisnis Masa Depan
  • Social Media