Category : Refleksi > Business Idea
Author ; Syamsul Arham
Date : 10 September 2007, 08:28:00
Hits : 4024

Tingkat kekayaan seseorang bukan ditentukan oleh berapa banyak uang yang dia punya, tapi berapa lama uang tersebut bisa menghidupinya jika dia tidak bekerja.

Beda Orang Kaya dengan Orang Kaya Raya

Setiap orang mempunyai penghasilan, apakah itu penghasilan dari investasi, bisnis, pekerja profesi, guru, bertani, pemulung atau sebagai pengemis, dll. Tingkat penghasilan dari setiap orang akan berbeda, tergantung darimana dan bagaimana dia bisa mendapatkan penghasilan. Dari tingkat penghasilan yang diperoleh, maka dapat ditentukan tingkat kekayaan, sesuai dengan hasil yang dicapainya.

Tingkat kekayaan seseorang bukan ditentukan oleh berapa banyak uang yang dia punya, tapi berapa lama uang tersebut bisa menghidupinya jika dia tidak bekerja.

Sebagai contoh; jika anda mempunyai tabungan 10 juta, kemudian pengeluaran anda setiap bulannya 2,5 juta, maka kekayaan anda hanya bisa bertahan selama 4 bulan.

Dari defenisi tersebut di atas, maka tingkat kekayaan akan dibagi dalam 3 kategori:

Orang Miskin.
Orang miskin adalah orang yang dalam kesehariannya bekerja dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Mereka bekerja keras untuk mencukupi kehidupannya. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk bekerja, terkadang, bahkan sering harus bekerja melebihi waktu yang disediakan.

Penghasilan yang mereka peroleh setiap bulannya, hanya cukup untuk kebutuhan mereka setiap bulannya. Jika mereka mempunyai kelebihan penghasilan, itupun hanya mencukupi untuk beberapa hari atau beberapa bulan.

Dalam bukunya Robert T.Kiyosaki yang fenomenal; The Cashflow Quadrant, disebutkan bahwa orang yang berada di posisi ini mempunyai penghasilan 80% dari gaji sebagai karyawan atau Selft-Employee. Sedangkan yang 20% berasal dari investasi.

Kalau dibuatkan diagram sbb:

Pekerjaan --> Penghasilan --> Asset

Orang Kaya.
Orang kaya biasanya adalah mereka mempunyai penghasilan dari bisnis yang mereka jalankan. Dalam buku The Cashflow Quadrant disebutkan, bahwa orang-orang yang berada diposisi ini adalah mereka yang telah mempunyai sistem dalam pengelolaan bisnisnya, sehingga dalam kesehariannya, mereka hanya memerlukan waktu yang sedikit untuk mengurusi bisnisnya, mereka lebih banyak waktu untuk memikirkan peluang-peluang baru diluar bisnis yang mereka jalankan.

Orang-orang yang berada diposisi ini mempunya penghasilan 70% dari bisnisnya, dan 30% dari gajinya sebagai karyawan. Biasanya mereka ini bekerja untuk perusahaannya sendiri.

Kalau dibuatkan diagram:

Bisnis --> Penghasilan --> Asset

Orang Kaya Raya.
Orang Kaya Raya, adalah mereka yang sudah mempunyai kecukupan finansial, sekalipun mereka tidak bekerja. Mereka mempunyai asset yang produktif untuk menghasilkan. Mereka memiliki uang yang bekerja untuk untuk mereka, dan penghasilan yang mereka peroleh lebih besar dari kebutuhan mereka setiap bulannya.

Diagram untuk orang kaya raya:

Asset --> Penghasilan --> Asset

Dari ketiga kategori di atas, Anda termasuk golongan mana?

Wassalam,
Syamsul
WSyakinah.com
WSyakinah.blogspot.com
Post related
  • SETIAP ORANG DILAHIRKAN KAYA
  • Anda ingin kaya, ini solusinya…..
  • BERKUNJUNG KERUMAH ORANG KAYA
  • Yang Tercecer 08 (Orang kaya di zaman Rasulullah)
  • Social Media