Category : Refleksi > Business Idea
Author ; Syamsul Arham
Date : 14 September 2007, 00:47:00
Hits : 2835

Dalam kenyataan keseharian, gaji seorang karyawan hanya mencukupi untuk kebutuhan yang disebut di atas, dan jikapun ada tersisa untuk tabungan, hanya berkisar 10% - 20%.


Berapa Besar Asset Yang Bisa Anda Raih?

Menyambung tulisan sebelumnya Beda Orang Kaya Dan Kaya Raya, maka kali ini saya akan membahas tentang berapa besar asset yang telah Anda atau bisa Anda kumpulkan dari penghasilan Anda.

Asset Orang Miskin.
Dengan perbandingan yang disebutkan dalam buku The Cashflow Quadrant sebagaimana diuraikan dalam tulisan di atas, penghasilan orang miskin adalah 80% dari gaji sebagai karyawan dan 20% dari bisnis sampingan.

Dalam perhitungan gaji seorang karyawan ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya kebutuhan pokok, kesehatan, sekolah, perumahan, transportasi dan kenikmatan lainnya. Jika ini dijumlahkan dan diberi margin, maka itulah gaji yang dibayarkan kepada karyawan.

Dalam kenyataan keseharian, gaji seorang karyawan hanya mencukupi untuk kebutuhan yang disebut di atas, dan jikapun ada tersisa untuk tabungan, hanya berkisar 10% - 20%.

Orang gajian akan dapat menyisakan penghasilannya untuk tabungan jika dia melakukan pengetatan pengeluaran. Untuk mendapat satu asset tertentu, seperti perumahan, pada umumnya seorang karyawan mendapatkannya dari pinjaman yang akan memotong penghasilan bulanannya yang tadinya hanya cukup untuk penghidupan satu bulan. Belum lagi untuk mendapatkan kendaraan, dan bentuk asset lainnya. Makin banyak asset yang diinginkan, maka dia harus memperketat pengeluarannya, agar bisa menutupi asset yang hendak dimiliki.

Bisnis sampingan hanya sebagian kecil karyawan yang bisa mendapatkannya dengan baik. Itupun bisa diraih jika bisnis sampingan dijadikan sebagai pekerjaan utamanya setelah statusnya sebagai karyawan.


Asset Orang Kaya.
Dengan perbandingan penghasilan 80% dari bisnis dan 20% dari gajinya sebagai karyawan. Maka bisa diambil prediksi bahwa pertumbuhan asset seorang pe-bisnis adalah 80%, karena kebutuhan hidupnya telah dipenuhi dari gajinya yang 20%.

Biasanya pertumbuhan asset seorang bisnis, relatif lebih konstan, karena biasanya seorang bisnis akan mendahulukan pertumbuhan bisnis dari pada asset pribadinya.


Asset Orang Kaya Raya
Orang yang kaya raya adalah mereka yang mempunyai asset yang menghasilkan jauh lebih besar dari kebutuhan. Selain asset yang mereka milki, mereka juga memilki investasi. Semua asset dan investasi yang mereka miliki mampu untuk menghidupi mereka dan sebagian besar hasilnya dijadikan asset tambahan yang juga nantinya akan menghasilkan untuk mendapatkan asset dan investasi baru.

Jadi orang kaya raya mempunyai asset yang akan tumbuh setiap saat walaupun mereka sudah tidak bekerja lagi.

Kesimpulan: berapa besar pertumbuhan asset Anda?

Wassalam,
Syamsul
WSyakinah.com
WSyakinah.blogspot.com

Padanan:
Beda Orang Kaya Dan Kaya Raya
Darimanakah Anda Memperoleh Penghasilan
Social Media