Category : Refleksi > Motivation
Author ; Syamsul Arham
Date : 27 September 2007, 06:15:00
Hits : 2344

Apakah Anda seorang karyawan?Apakah Anda sudah mempersiapkan dana pensiun Anda?Apakah pensiun Anda mencukupi penghidupan Anda nanti?


Uang Pensiun

Apakah Anda seorang karyawan?
Apakah Anda sudah mempersiapkan dana pensiun Anda?
Apakah pensiun Anda mencukupi penghidupan Anda nanti?

Seorang lelaki pensiunan yang berusia 75 tahun, warga negara Italia telah menghabiskan masa tua-nya dengan uang pensiun yang diterimanya setiap bulan. Ternyata uang pensiun yang selama ini ia terima tidak mecukupi untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari. Awal bulan dia menerima uang pensiunan, belum sampai akhir bulan uang tersebut sudah habis.

Dengan kondisi keuangan yang demikian memprihatinkan, maka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, dia harus melakukan satu perbuatan yang tidak terpuji, yaitu mencuri di toko super market.

Setelah dilakukan penyelidikan atas kejadian ini, orang-orang yang mengetahui kasus ini bersimpati atas kejadian ini, dan masyarakat di sana bergotong-royong untuk membantu kehidupan sang pensiunan tersebut.

Uang pensiunan adalah salah satu produk finansial di jaman era industrial, dimana penghidupan para karyawan akan dijamin dari tabungan mereka yang disisihkan oleh pihak perusahaan atau yang berwenang yang nantinya dipergunakan untuk biaya hidup dimasa pensiun.

Dengan perubahan jaman dan perubahan akan kebutuhan hidup yang makin hari makin meningkat, ternyata uang pensiun yang selama ini menjadi jaring pengaman bagi masa depan kehidupan seorang karyawan harus diperhitungkan lagi.

Pada jaman industrial, dimana harga relatif stabil, maka di jaman informasi ini, kebutuhan hidup akan sangat tergantung dengan perubahan informasi dan ini mengakibatkan tingkat kebutuhan yang meningkat dan tentu berakibat kepada harga yang terus melonjak dengan tajam.

Jaman informasi sekarang ini, yang cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidup dimasa pensiun adalah dengan melakukan investasi diberbagai bidang. Dengan investasi yang kita tanamkan, maka nilai investasi yang kita tanamkan akan ikut bergerak sesuai dengan tingkat kebutuhan hidup.

Dibandingkan dengan uang pensiun, yang hanya mengandalkan dari pergerakan suku bunga yang relatif stabil, maka nilai investasi akan bergerak sesuai dengan pergerakan pasar. Maka diharapkan dimasa pensiun, nilai investasi yang kita tanamkan akan bisa mencukupi kebutuhan hidup dimasa pensiun.

Apakah Ada sudah menyiapkan investasi Anda?


Wassalam,
Syamsul
WSyakinah.com
WSyakinah.blogspot.com
Post related
  • Uang Pensiun
  • Social Media