SYAARAR.COM
  Home  |  Refleksi  |  Kombur  |  Religous  |  Free Code  |  Download  |
Resensi Buku Bahan Renungan Kalbu Dari Majalah SURGA
Ditulis oleh : Syamsul Arham
Tanggal : 11 Oktober 2007, 02:45:0
Dibaca : 3773

Bila kita merenung tanpa tujuan, tiada pegangan atau tidak ada pembimbingnya, maka itu hanya sebatas pemikiran liar. Kita dalam merenung tetap membutuhkan guidance agar tidak salah langkah atau terprovokasi oleh setan

Resensi Buku dari Majalah SURGA

Bahan Renungan Kalbu

Merenung seringkali memberika kita ide-ide baru atau membuka pemahaman yang lebih luas terhadap segala permasalahan. Tapi bila kita merenung tanpa tujuan, tiada pegangan atau tidak ada pembimbingnya, maka itu hanya sebatas pemikiran liar. Kita dalam merenung tetap membutuhkan guidance agar tidak salah langkah atau terprovokasi oleh setan.

Kalbu kita yang didalamnya telah bersemayam setitik ruh Allah dengan sifat-sifat-Nya akan ternodai jika saja dalam perenungan kita ada bisikan-bisikan setan. Jika begini, Allah oun akan menjauhi kita dan kita merenung hanya sebatas akal saja, hanya yang cocok dengan logika berpikir saja. Tidak ada bimbingan ataupun tuntunan Allah yang memiliki lautan ilmu. Dan hati kita pun terombang-ambing tak tentu arahnya. Pencerahan jiwa yang ingin didapatkan dari perenungan pun hampa, karena tak adanya keseimbangan antara akal dan kalbu. Perenungan akan menjadi sia-sia dikarenakan tidak adanya hubungan dialogis antara pikiran dengan hati. Otak jadi bekerja sendiri, disebabkan tidak ada penerang jalan.

Untuk itu, dalam merenung dibutuhkan kebersihan kalbu agar dapat enjemput hikmah dari setiap peristiwa yang kita renungkan.

Buku ini sangat layak dibaca bagi orang-orang yang membutuhkan ketenangan batin dan kelurusan berpikir.

Dengan mengambil judul BAHAN RENUNGAN KALBU di daamnya terdapat tiga belas bahan renungan sebagai pengganti bab dan sebuah kesimpulan. Ditambah dengan dua buah kisah Hikmah dan satu bab khusus yang berjudul "Cara Mendidik Anak".

Dengan gaya bahasa yang sederhana memungkinkan setiap orang akan mudah menagkap makna yang tertulis. Dengan mengutip dari Kalamulah dan Hadist Nabi serta ditambah adanya keragaman tema yang diangkat, mulai dari masalah ekonomi, budaya, science, politik sampai persoalan sosial kemasyarakatan diku[as dengan jenial. Yang lebih menarik pada bagian "Tafakur dengan Gabar" yang menampilkan gambar-gambar, skema sebagai ilustrasi untuk anak-anak yang mempermudah penjelesan maksud penulis. Singkatnya, buku ini cukup komplit, mencerdaskan dan mencerahkan. Baik akal maupun kalbu.

Ya, buku ini pantas dimiliki oleh keluarga usia muda yang memiliki impian membangun keluarga syakinah, mawadah, warahmah.


Tags
Resensi Buku Bahan Renungan Kalbu Dari Majalah SURGA
Social Media

Posting komentar Anda :
Name :
Email :
Website :
Comment :
Validation word :


 

┬ęSYAARAR.Com. All rights reserved.
Table './k4495279_syaarar/sa_stat_page_requested' is marked as crashed and should be repaired